1939050159860204

Senin - Minggu: 06.00 - 21.00 WIB

Yuk Ketahui Cara Mencuci Baju Putih Agar Tidak Kusam!

Mencuci Baju Putih Tanpa Khawatir Kusam

Baju dengan warna netral dan cerah seperti putih, selalu menjadi pilihan favorit di berbagai kegiatan. Karena warnanya yang cocok dalam gaya apapun. Namun, setiap pemilik baju putih pasti pernah mengalami masalah warna pada baju putih menjadi kusam. 

Kenali Penyebab Baju Putih Menjadi Kusam 

Sudah menjadi masalah umum warna pada baju putih yang awalnya cerah menjadi kusam atau bahkan menguning setelah beberapa kali pencucian. Berikut merupakan faktor-faktor yang dapat menyebabkan baju putih berubah warna : 

Keringat

Kandungan garam, protein, dan minyak alami dari tubuh dalam keringat ketika bersentuhan dengan serat baju putih akan menempel. Pada akhirnya dapat membuat baju menjadi tampak kusam. Jika baju putih tidak segera dicuci atau sering terpapar keringat, serat baju putih dapat mengalami kerusakan dan kehilangan kecerahannya. Noda dan kotoran dari keringat dapat semakin menempel pada serat dan menjadi lebih sulit untuk dihilangkan. Apalagi jika keringat tersebut bersatu dengan bahan deodoran yang tidak sesuai dengan baju putih. Maka akan menimbulkan warna keabuan pada baju putih.

Nikotin dari Rokok

Kandungan dua zat pada asap rokok tersebut ketika bersentuhan dengan baju putih, zat-zat kimia ini dapat menempel pada serat baju dan menyebabkan noda yang sulit dihilangkan, serta mengurangi kecerahan warna. Asap rokok bersifat lengket dan mudah melekat pada permukaan benda, termasuk baju putih yang menyebabkan baju putih lebih cepat terlihat aus. Endapan asap pada serat baju putih seiring waktu akan menghilangkan kecerahan pada warna baju putih. 

Deterjen yang Salah

Beberapa deterjen mengandung bahan kimia yang keras atau bahkan pemutih berbasis klorin yang dapat merusak serat pakaian dan menyebabkan pemudaran warna pada baju putih. Beberapa deterjen dirancang untuk pakaian berwarna dan mungkin tidak cocok untuk digunakan pada baju berwarna putih. Jika Anda tidak membilas pakaian dengan benar setelah mencuci, residu deterjen yang tertinggal dapat menumpuk pada serat dan menyebabkan warna menjadi kusam.

Pemutih Pakaian

Penggunaan pemutih pakaian yang tidak tepat dapat menyebabkan baju putih Anda menjadi kusam. Meskipun pemutih sering digunakan untuk menghilangkan noda dan memutihkan pakaian, pemutih pakaian juga dapat menyebabkan masalah pada baju putih Anda jika digunakan secara berlebihan atau tidak sesuai petunjuk. Selain itu, pemutih yang tidak dibilas dengan benar juga dapat menyebabkan baju Anda terlihat kusam. Hal itu disebabkan karena reaksi kimia yang ada pada pemutih dan bahan-bahan lain seperti deterjen dan juga pewangi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengikuti petunjuk pemakaian pemutih yang tepat dan bila perlu lakukan uji coba terlebih dahulu sebelum menggunakanya di seluruh bagian baju putih.

Cara Mencuci Baju Putih Tanpa Khawatir Berubah Warna

Memiliki baju putih namun khawatir berubah menjadi kusam? Jangan khawatir lagi. Berikut kami ungkap rahasia mencuci baju putih tanpa harus merasa cemas akan merusak serat dan merubah warna pakaian Anda. 

Gunakan Deterjen Khusus

Menggunakan deterjen yang khusus untuk baju putih menjadi cara utama yang bisa Anda terapkan, biasanya mengandung formula khusus yang dirancang untuk membantu menghilangkan noda dan kotoran pada pakaian putih tanpa merusak warna atau serat. Beberapa deterjen khusus untuk pakaian putih memiliki kandungan pemutih yang aman untuk digunakan pada kain putih. Pemutih ini penting untuk membantu mengembalikan kecerahan warna putih yang mungkin telah pudar akibat penggunaan dan pencucian berulang.

Pastikan Anda mengikuti petunjuk penggunaan agar tidak menggunakan terlalu banyak deterjen ketika mencuci. Sebab menggunakan terlalu banyak deterjen tidak akan membuat pakaian lebih bersih, malah dapat meninggalkan residu pada pakaian. Jangan menggunakan pemutih berbasis klorin terlalu sering, karena dapat merusak serat pakaian dan memudarkan warna.

Hindari Paparan Suhu Tinggi

Menghindari paparan suhu tinggi pada baju putih adalah salah satu cara penting untuk mencegah kusamnya warna dan kerusakan serat pada pakaian. Paparan suhu tinggi dapat merusak serat pakaian dan mengakibatkan pemudaran warna, terutama pada pakaian putih yang lebih sensitif terhadap suhu tinggi. Gunakan air dingin ketika merendam atau mencuci baju putih, dan atur suhu pengering menjadi lebih rendah atau pengering udara alami. 

Jika memungkinkan, jemur baju putih di tempat yang teduh, bisa di bawah sinar matahari pagi atau sore yang tidak terlalu terik. Hindari jemur di bawah sinar matahari langsung yang sangat panas, karena suhu yang terlalu tinggi dari sinar matahari juga dapat merusak warna pakaian.

Cuci Baju Berwarna Putih Secara Terpisah

Langkah yang bertujuan untuk mencegah percampuran warna yang dapat menyebabkan baju putih menjadi kusam atau tercemar oleh warna pakaian lain adalah penting. Pakaian berwarna, terutama yang baru, seringkali melepaskan sedikit warna saat dicuci untuk pertama kalinya yang dapat menempel pada serat baju putih dan menyebabkan kusamnya warna. Noda pada pakaian warna yang belum sepenuhnya terangkat saat dicuci juga dapat menempel pada serat baju putih.

Mencuci baju putih secara terpisah memastikan bahwa deterjen dan pemutih bekerja secara efektif pada serat baju putih tanpa gangguan dari pakaian berwarna lain. Begitu juga Anda dapat menjaga baju warna terhindari dari pemutih yang akan memutihkan serat warna pada pakaian. Hindari mencampur pakaian berwarna yang lebih gelap dengan pakaian berwarna terang, termasuk baju putih, untuk mengurangi resiko pencampuran warna.

Kucek Bagian Noda

Langkah pertama yang harus diambil jika terdapat noda pada baju putih adalah dengan menguceknya hingga hilang. Noda dapat berasal dari berbagai penyebab seperti minyak, kopi, anggur, darah, tinta, atau makanan. Tentunya metode untuk menghilangkannya mungkin berbeda tergantung pada jenis noda tersebut. 

Penting untuk memastikan tangan Anda bersih sebelum mengucek noda untuk mencegah penyebaran noda atau kotoran lainnya pada baju putih. Anda dapat menggunakan deterjen cair, cairan penghilang noda, atau campuran air dan deterjen untuk mengucek noda. Bisa disesuaikan dengan jenis kain dan noda yang ada. Hindari mengucek terlalu keras, terutama pada jenis bahan yang lebih sensitif karena dapat merusak serat baju putih.

Baju putih yang kusam bukan lagi masalah yang harus dikhawatirkan, karena Anda telah mempelajari trik dan tips sederhana yang akan menjaga warna putih tetap mempesona seperti baru. Selalu kenakan baju putih dengan percaya diri dalam berbagai kesempatan, karena Anda sekarang memiliki pengetahuan tentang cara merawatnya dengan baik.

Related News

Open chat
Silahkan Konsultasi Lewat Sini