1939050159860204

Senin - Minggu: 06.00 - 21.00 WIB

Ketahui Cara Membersihkan Lantai Marmer yang Kusam!

Home cleaning lantai marmer

Lantai marmer merupakan salah satu elemen yang mewah dan elegan dalam rumah. Salah satu masalah yang dihadapi bagi pemilik lantai marmer adalah munculnya kusam pada permukaan lantai. Kusam pada lantai bisa disebabkan berbagai faktor, termasuk penggunaan yang intensif, paparan air berlebihan dan penggunaan produk pembersih yang tidak sesuai.

Namun, seiring berjalanya waktu lantai marmer akan menjadi kusam dan kilauan dari lantai marmer juga semakin pudar.Dengan perawatan yang tepat dan rutin Anda dapat mengembalikan keindahan dari lantai marmer Anda. Berikut adalah cara membersihkan lantai marmer yang kusam:

1. Memahami Karakteristik Marmer

Sebelum memulai pembersihan pada lantai marmer, penting untuk memahami karakteristik dari marmer. Marmer adalah batuan alami yang terbuat dari batu kapur dan mengandung kalsium karbonat, menjadikan marmer rentan terhadap kerusakan akibat asam dan bahan pembersih keras. Oleh sebab itu pentingnya menggunakan bahan yang tidak mengandung asam dan bahan pembersih yang keras.

Dalam memahami karakteristik pada marmer dapat membantu Anda untuk mengetahui hal yang tidak boleh dilakukan untuk kualitas lantai marmer seperti penggunaan pembersih yang mengandung asam. Mengetahui karakteristik dari marmer Anda dapat tahu apa yang harus dihindari agar marmer tidak rusak.

2. Persiapkan Bahan dan Peralatan

Cara pertama dalam membersihkan marmer yaitu memilih bahan dan peralatan yang tepat untuk marmer agar marmer menjadi bersih kembali dan terhindar dari kusam. Setelah mengetahui karakteristik dari marmer Anda dapat dengan mudah untuk mencari bahan yang tepat untuk membersihkan lantai marmer yang kusam. Beberapa bahan yang perlu disiapkan yaitu air hangat, sabun cuci piring ringan yang tidak mengandung asam dan dapat merusak marmer.

Dalam membersihkan marmer juga memerlukan peralatan agar proses membersihkan menjadi lebih optimal dan efektif. Menggunakan peralatan untuk membersihkan marmer mempermudah Anda untuk membersihkan lantai menjadi lebih cepat. Peralatan yang dibutuhkan antara lain adalah ember untuk mencampur larutan pembersih, kain atau spons lembut, vacuum cleaner atau sapu untuk membersihkan debu dan lap kering untuk mengeringkan lantai.

3. Membersihkan Debu dan Kotoran Kasar

Setelah bahan dan peralatan dipersiapkan mulailah dengan membersihkan debu dan kotoran kasar pada permukaan lantai. Anda dapat menggunakan vacuum cleaner dan sapu untuk membersihkan debu. Bersihkan seluruh permukaan lantai marmer secara menyeluruh, termasuk ke bagian sudut yang sulit dijangkau.

Pembersihan pada permukaan lantai marmer membantu agar saat dibersihkan menggunakan air debu tidak menjadikan lantai marmer menjadi lebih kotor, membersihkan debu di awal dapat menetralisir debu dan kotoran kasar yang menempel pada permukaan marmer, hal ini juga mempermudah Anda untuk cara pembersihan selanjutnya menjadi lebih cepat dan bersih untuk lantai marmer.

4. Membuat Larutan Pembersih

Sesudah melakukan pembersihan pada permukaan lantai cara selanjutnya adalah membuat larutan pembersih untuk membersihkan lantai marmer dan menghilangkan kotoran yang masih menempel pada lantai, larutan pembersih dapat menciptakan lantai marmer menjadi lebih bersih dan mengkilap. Bukan cuma membersihkan lantai marmer larutan pembersih juga dapat menetralisir bakteri yang terbawa dari luar.

Dengan mencampurkan air hangat dengan sabun cuci piring atau deterjen ringan Anda sudah dapat membuat larutan pembersih yang aman untuk lantai marmer. Pastikan tidak menggunakan pembersih yang keras dan mengandung asam atau beralkohol, karena dapat merusak permukaan marmer yang rentan terhadap bahan yang mengandung partikel kasar.

5. Memakai Larutan Pembersih

Jika larutan sudah dibuat cara berikutnya memakai larutan pembersih pada lantai marmer. Gunakan spons lembut yang telah dicelupkan ke dalam larutan pembersih untuk membersihkan lantai marmer dari kotoran yang masih menempel. Hindari menggunakan sikat atau spons yang kasar, hal tersebut dapat memberikan goresan pada permukaan marmer.

Bersihkan lantai dengan cara yang lembut dan pastikan bersihkan untuk menjangkau seluruh area lantai marmer. Fokus pada area yang lebih kusam dengan gerakan melingkar dan lakukan secara lembut agar tidak merusak bagian permukaan marmer. Menggunakan cara ini Anda dapat membersihkan marmer dengan mudah dan juga menjadikan marmer lebih bersih.

6. Bilas Lantai Marmer dan Keringkan

Setelah membersihkan lantai marmer menggunakan larutan pembersih, selanjutnya bilas permukaan lantai dengan menggunakan kain bersih yang telah dibasahi dengan air. Pastikan tidak ada larutan sabun yang tertinggal pada permukaan marmer. Berikutnya, gunakan lap kering yang bersih untuk mengeringkan lantai marmer secara menyeluruh. Dengan menggunakan kain lap kering dan bersih dapat mempercepat proses pengeringan pada permukaan lantai.

Dengan melakukan cara pengeringan yang baik sangatlah penting untuk mencegah terbentuknya noda air yang dapat meninggalkan bekas pada permukaan marmer. Cara pengeringan ini juga efektif dan dapat diterapkan pada lantai marmer Anda.

7. Poles Marmer

Jika menginginkan hasil yang lebih mengkilap pada lantai marmer, Anda dapat menggunakan poles marmer setelah lantai benar-benar kering. Pilihan untuk poles marmer sangat cocok bagi lantai marmer agar menciptakan marmer lebih mengkilap dan sesuaikan poles marmer dengan lantai marmer Anda, ikuti juga petunjuk penggunaanya dengan teliti agar tidak salah dalam melakukan poles marmer.

Poles marmer membantu mengembalikan kilau alami dari lantai marmer Anda dan membersihkan lapisan pelindung tambahan. Cara ini adalah cara opsional bagi Anda untuk menghasilkan lantai marmer yang lebih mengkilap.

8. Perawatan Rutin

Agar lantai marmer tetap bersih dan mengkilap, lakukan perawatan secara rutin. Bersihkan debu dengan vacuum cleaner atau sapu setiap hari, dan lakukan pembersihan mendalam menggunakan larutan pembersih sesuai kebutuhan. Selain itu, hindari juga barang-barang atau benda tajam secara langsung di atas permukaan marmer untuk mencegah terjadinya goresan atau kerusakan.

Lakukan pembersihan setiap hari menggunakan sapu atau vacuum untuk menghilangkan debu pada permukaan lantai marmer dan lakukan pembersihan menggunakan larutan pembersih lantai setiap bulan untuk menghilangkan kotoran dan noda membandel lainya. Dengan perawatan yang rutin dapat menghasilkan marmer yang mengkilap.

Untuk mengembalikan keindahan lantai marmer yang kusam memang memerlukan perhatian dan usaha yang ekstra. Namun meskipun telah mencoba berbagai langkah pembersih, lantai tetap belum mencapai hasil yang diinginkan. Jika Anda menemui kendala tersebut, jangan ragu untuk menggunakan layanan vinsclean home cleaning di sidoarjo.

Di wilayah Sidoarjo, Anda dapat mempercayakan perawatan lantai marmer kepada Vinsclean. Dengan pengalaman dan keahlian mereka dalam merawat berbagai jenis lantai, termasuk lantai marmer, Anda dapat yakin akan hasil yang memuaskan dari vinsclean. Vinsclean siap membantu menjadikan lantai marmer Anda kembali berkilau seperti baru.

Related News

Open chat
Silahkan Konsultasi Lewat Sini