1939050159860204

Senin - Minggu: 06.00 - 21.00 WIB

Apa itu General Cleaning? & Jenis – jenisnya

Dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, praktik umum yang dilakukan adalah general cleaning atau pembersihan menyeluruh. Apa itu general cleaning? General cleaning, atau sering disebut juga sebagai deep cleaning, adalah proses pembersihan menyeluruh di suatu area atau bangunan. Artikel ini akan menjelaskan apa itu general cleaning dan jenis-jenisnya.

Apa itu General Cleaning?

Tujuan utama dari general cleaning adalah untuk menghilangkan kotoran, debu, bakteri, dan zat-zat berbahaya lainnya yang mungkin terakumulasi di tempat tersebut. Pembersihan ini tidak hanya dilakukan pada permukaan yang terlihat tetapi juga melibatkan pembersihan peralatan, perabotan, dan area yang mungkin terlewatkan dalam pembersihan rutin sehari-hari.

Jenis-jenis General Cleaning

General cleaning, sebagai praktik pembersihan menyeluruh, melibatkan serangkaian tindakan mendalam untuk mencapai kebersihan maksimal di berbagai lingkungan. Jenis-jenis general cleaning menjadi kunci dalam menyusun strategi pembersihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan spesifik setiap area. Berikut adalah jenis-jenis general cleaning:

1. General Cleaning Lantai

General cleaning lantai merupakan suatu proses pembersihan menyeluruh yang bertujuan mengembalikan kebersihan, kilau, dan kesegaran lantai di berbagai ruangan. Lebih dari sekadar menghilangkan kotoran yang terlihat di permukaan, general cleaning juga melibatkan tindakan pembersihan mendalam untuk memastikan noda, debu, dan bakteri yang mungkin terakumulasi dapat tereliminasi. Fokus utama proses ini adalah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Dalam perawatan tambahan, jenis lantai tertentu memerlukan perlakuan khusus. Misalnya, pada lantai kayu, disarankan untuk menghindari penggunaan terlalu banyak air agar tidak merusak permukaannya. Sebaliknya, gunakan produk pembersih khusus yang dirancang untuk lantai kayu dan pertimbangkan penerapan lapisan pelindung setelah proses general cleaning. 

Untuk lantai keramik, perhatikan grout, gunakan sikat kecil atau sikat gigi bekas untuk membersihkan grout secara seksama. Sedangkan untuk lantai marmer, penting untuk menghindari penggunaan asam atau bahan kimia keras yang dapat merusak. Gunakan pembersih dengan pH netral untuk menjaga keindahan permukaan marmer.

2. General Cleaning Dapur

General cleaning dapur adalah suatu rangkaian tindakan pembersihan menyeluruh yang ditujukan untuk menjaga kebersihan, kehigienisan, dan tata letak yang optimal di area dapur. Proses ini melibatkan tidak hanya pembersihan permukaan yang terlihat tetapi juga membersihkan peralatan dapur, area yang sulit dijangkau, serta memastikan kebersihan di setiap sudut ruangan dapur.

Langkah pertama dalam general cleaning dapur adalah membersihkan permukaan dapur, termasuk meja kerja, countertop, dan backsplash. Penggunaan pembersih yang sesuai dengan jenis material permukaan sangat penting untuk menghindari kerusakan. Setelah itu, fokus diperluas ke peralatan dapur seperti kompor, oven, kulkas, dan microwave. Membersihkan bagian dalam kulkas dan freezer, mengganti kantong penyimpanan makanan yang usang, serta membersihkan filter atau exhaust fan juga termasuk dalam proses ini.

Bagian dapur yang sering diabaikan adalah area penyimpanan, termasuk lemari dan laci. General cleaning dapur melibatkan penyusunan ulang barang-barang di dalamnya, membuang barang yang tidak perlu, dan membersihkan setiap sudut untuk mencegah penumpukan debu dan kotoran. 

3. General Cleaning Kamar Mandi

Langkah awal dalam general cleaning kamar mandi adalah membersihkan permukaan utama, seperti wastafel, countertop, dan cermin. Penggunaan pembersih yang sesuai dengan jenis material dan permukaan sangat penting agar tidak merusak atau menggores. Selanjutnya, membersihkan area sekitar keran air, kepala shower, dan gagang pintu yang sering terkena percikan air dan kelembaban.

Peralatan kamar mandi, seperti shower, bathtub, dan tirai kamar mandi, juga harus diperhatikan. Membersihkan saluran pembuangan, menghilangkan kotoran atau kerak yang mungkin terbentuk, dan mencuci tirai kamar mandi untuk mencegah pertumbuhan jamur atau bakteri menjadi bagian dari proses ini.

Apa itu General Cleaning? & Jenis - jenisnya

4. General Cleaning Ruang Tamu

Langkah pertama dalam general cleaning ruang tamu adalah membersihkan permukaan furniture seperti meja, kursi, dan rak buku. Penggunaan pembersih yang sesuai dengan jenis material furniture penting untuk mencegah kerusakan atau perubahan warna. Membersihkan debu dan mengusap permukaan secara menyeluruh membantu menciptakan tampilan yang bersih dan bersinar.

Pembersihan lantai ruang tamu mencakup menyapu, mengepel, atau membersihkan sesuai dengan jenis lantai yang dimiliki. Perhatian khusus diberikan pada sudut-sudut dan bagian bawah furniture untuk memastikan tidak ada debu atau kotoran yang terabaikan. Pembersihan karpet, jika ada, juga menjadi bagian penting dari proses ini. Penggunaan vacuum cleaner atau pembersih karpet membantu menghilangkan debu, rambut, atau partikel kecil lainnya yang mungkin terperangkap dalam serat karpet.

Dekorasi di ruang tamu, seperti tirai, bantal sofa, atau hiasan dinding, juga harus mendapat perhatian. Mencuci tirai, mencuci atau membersihkan bantal sofa, dan membersihkan hiasan dinding merupakan bagian integral dari general cleaning untuk menciptakan ruang tamu yang segar dan nyaman.

Jika ruang tamu dilengkapi dengan perangkat elektronik atau peralatan audio-visual, membersihkan permukaan dan membersihkan debu dari area sekitarnya diperlukan. Pembersihan remote control, layar TV, atau speaker adalah langkah penting untuk menjaga kebersihan perangkat tersebut

5. General Cleaning Jendela & Kaca

General cleaning jendela dan kaca adalah proses pembersihan menyeluruh yang bertujuan untuk mengembalikan kejernihan, kilau, dan keindahan permukaan kaca dan jendela. Mulailah dengan membersihkan frame atau bingkai jendela menggunakan sikat atau lap yang lembut untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Pastikan untuk membersihkan bagian sudut dan sela-sela yang sering terabaikan.

Oleskan pembersih kaca secara merata ke seluruh permukaan kaca. Gunakan lap microfiber bersih dan kering untuk menggosok dan mengelap kaca dengan gerakan melingkar atau zigzag. Pastikan untuk menghilangkan bekas noda, sidik jari, atau kotoran yang menempel pada kaca.

Jika jendela memiliki grout atau jahitan antar kaca, bersihkan dengan menggunakan sikat kecil atau sikat gigi bekas yang dicelupkan ke dalam campuran pembersih. Gosok dengan lembut untuk menghilangkan kotoran yang mungkin terjebak di sana.

6. General Cleaning Area Luar Rumah

General cleaning area luar rumah adalah suatu proses yang melibatkan pembersihan menyeluruh di sekitar lingkungan eksternal rumah. Ini mencakup berbagai elemen, mulai dari halaman, teras, pagar, hingga area parkir atau garasi. Langkah pertama dalam general cleaning area luar rumah biasanya melibatkan pembersihan halaman dan trotoar dari daun kering, cabang, dan kotoran lainnya. 

Selanjutnya, tanaman dan vegetasi di sekitar rumah. Pembersihan tanaman melibatkan pemangkasan ranting yang menggantung, pemotongan dedaunan mati, dan memberikan pupuk atau air sesuai kebutuhan. 

Selain itu, general cleaning area luar rumah melibatkan pembersihan fasade rumah dari debu, sarang laba-laba, atau noda lainnya. Pagar juga dibersihkan, dilumasi engselnya, dan diperiksa untuk melihat apakah ada bagian yang perlu diganti. Seluruh area luar, termasuk saluran air hujan, lampu luar, dan perlengkapan taman, juga perlu mendapatkan perhatian khusus untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. 

Dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, general cleaning atau pembersihan menyeluruh menjadi praktek umum yang sangat penting. Proses ini tidak hanya terbatas pada permukaan yang terlihat tetapi juga melibatkan tindakan pembersihan mendalam untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman. 

Jika Anda merasa kesulitan dalam membersihkan rumah Anda, pertimbangkan untuk menggunakan jasa home cleaning. Home cleaning dapat menjadi solusi praktis untuk memastikan bahwa general cleaning dilakukan secara menyeluruh dan efisien, tanpa harus menyita waktu dan tenaga Anda sendiri. 

Keunggulan menggunakan jasa home cleaning termasuk ahli dalam melakukan tugas-tugas pembersihan, penggunaan peralatan dan produk pembersih yang tepat, serta fleksibilitas dalam menyesuaikan jadwal sesuai kebutuhan Anda. Dengan mempercayakan pekerjaan ini kepada profesional, Anda dapat menikmati kebersihan maksimal di rumah Anda tanpa harus khawatir tentang detail-detail yang rumit.

Related News

Open chat
Silahkan Konsultasi Lewat Sini